Mengenai Saya

Foto saya
Suka Nulis, walaupun ada yang bilang tulisanku gak bagus, tapi mencoba lebih baik. Berbuat salah itu biasa, tapi mengakui kesalahan itu yang luar biasa, Best Regards.

Selasa, 10 Januari 2012

CARA AGAR SELALU DIHARGAI PASANGAN

Saling menghargai dalam sebuah keluarga sangat penting. Sayangnya, sering ditemukan istri tidak dihargai suami, begitu juga sebaliknya disebabkan sikap suami/istri sendiri salah menyikapi pasangan. Paling tidak, terdapat 8 hal yang harus diperhatikan agar selalu dihargai pasangan:

1. Hargai dulu Suami
Hargailah suami lebih dulu bila ingin dihargai. Bentuk penghargaan seorang istri pada suami bermacam-macam. Misalnya mensyukuri jerih payah suami seberapapun hasilnya, menghargai pendapatnya, tidak memandang rendah, tidak mengungkit-ungkit kekurangan. Kalaupun istri tidak puas dengan apa yang didapat suami, sampaikan dengan tutur kata yang baik sehingga tidak menyakitkan.

2. Beri Perhatian
Beri perhatian pada suami seperlunya. Memberi perhatian sebetulnya tak sulit. Istri tak harus repot ini dan itu. Menyediakan secangkir teh di meja pagi hari sudah merupakan bentuk perhatian. Lebih-lebih bila istri menyiapkan berbagai kebutuhan suami, tentu ia sangat senang. Umumnya, suami merasa bangga bila diperhatikan istrinya. Kondisi ini membuat suami juga akan menghargai istri.

3. Sopan
Istri yang baik selalu bersikap sopan kepada suami. Tidak sepantasnya istri mengeluarkan kata-kata tidak enak disertai dengan nada emosional pada suami. Semua masalah pasti bisa diselesaikan. Karena itu, kalaupun sedang kesal dengan suami, berbicaralah dengan sopan. Jika istri sopan, suami akan bersikap sama.

4. Tidak Cerewet
Suami umumnya paling malas bila mendengar kecerewetan istri. Bila ada masalah, istri tak perlu banyak omong. Sampaikan sekali saja, tentu suami sudah memahami. Tapi, seandainya suami belum tanggap juga, sampaikan sekali lagi dengan cara yang sopan.

5. Tidak Menyalahgunakan Kepercayaan
Sebuah kepercayaan mahal harganya. Jangan sekali-kali menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan suami. Sekali saja istri menyalahgunakan kepercayaan suami, selamanya mungkin suami tidak akan percaya lagi. Jika sudah demikian tentu istri merasa tidak dihargai lagi oleh suami.

6. Mandiri
Berusahalah mandiri, tidak melulu tergantung suami. Jika istri mandiri tentu suami merasa tidak terbebani. Boleh sekali tempo istri minta bantuannya, tetapi berusahalah terlebih dahulu. Setelah benar-benar mengalami kesulitan baru mintalah bantuannya.

7. Terbuka
Keterbukaan adalah suatu keharusan dalam sebuah keluarga. Karena itu terbukalah dengan suami. Sampaikan dengan terbuka apa keluh kesah kamu, jangan ditutup-tutupi. Jika masalah ditutupi, kemudian sewaktu-waktu suami tahu, pasti akan menjadi problem. Sebaliknya jika istri terbuka, suami akan 
menghargainya.

8. Bantu Kesulitan Suami
Bila suami tengah mengalami kesulitan, misalnya menghadapi masalah yang rumit, jangan acuh tak acuh atau malah pura-pura tidak tahu. Sebisa mungkin bantulah mencari jalan keluarnya. Bantuan istri membuat suami gembira.

Dengan 8 cara ini bisa membantu sebuah keluarga untuk saling menghargai dan mengerti. Dan dengan adanya pengertian itu maka akan menciptakan rumahtangga yang harmonis.
dikutip dari SANA SINI SEGALA SOAL

Tidak ada komentar: