Mengenai Saya

Foto saya
Suka Nulis, walaupun ada yang bilang tulisanku gak bagus, tapi mencoba lebih baik. Berbuat salah itu biasa, tapi mengakui kesalahan itu yang luar biasa, Best Regards.

Kamis, 15 Desember 2011

JAGUNG MARNING (Proses Pembuatan)

Seiring perkembangan jaman dan teknologi tidak selalu hal-hal yang bersifat tradisional dilupakan atau di tinggalkan. Misalnya saja dalam hal makanan, akhir-akhir ini berbagai makanan tradisional kembali menjadi “barang yang dicari”. Aneka ragam camilan ini diminati tidak hanya untuk sekedar snack ataupun makanan selingan saat santai di rumah, ada kalanya makanan tradisional ini menghiasi meja saat menjamu kerabat ataupun saudara.  Salah satu jenis makanan tradisional dengan rasa gurih dan renyah adalah jagung goreng atau di kenal dengan istilah Marning. Jagung goreng atau jagung marning ini dibuat melalui proses penggorengan (pemasakan di dalam minyak panas). 

Salah satu daerah yang terkenal dengan produksi jagung marning adalah Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan (kebetulan daerah asal penulis sih). Pusat penjualan terletak di Jalan Melati, selain itu warung pinggir jalan juga banyak menjadi agen penjual jagung marning ini,  ditawarkan mulai harga Rp 1000,- sampai Rp 10.000,- dengan berbagai variasi rasa : asin, manis dan pedas. Tertarik? yuk mencobanya,,

Berikut penulis paparkan proses pembuatan Jagung marning.. Boleh tuh dicoba membuatnya di rumah,


  • Pemilihan Jagung berkualitas 









  • Tahapan berikutnya adalah proses perebusan. Setiap kg jagung direbus di dalam 3 liter air. Setiap liter air diberi 15 gram kapur sirih. Perebusan berlangsung selama 4 jam sampai jagung menjadi lunak, mekar dan kulit arinya terlepas. Untuk menghemat bahan bakar, api dikecilkan setelah larutan mendidih, dan besar api diatur sekedar untuk mempertahankan larutan tetap mendidih.

  • Tahapan Pengeringan. Jagung ditiriskan, kemudian dijemur sampai kering atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air dibawah 17%.

  • Tahapan Pemberian bumbu. Bumbu diberikan setelah bahan cukup kering. Bumbu yang diberikan adalah campuran bawang merah (15 gram), bawang putih (15 gram), jahe (5 gram), merica (5 gram), ebi 15 gram dan garam (15 gram) yang telah dihaluskan. Setelah itu, bahan dijemur atau dikeringkan lagi sampai kering seperti sebelum diberi bumbu. 
  • Proses Penggorengan. Jagung digoreng di dalam minyak panas (170 °C) selama 8~10 detik sampai mekar dan berwarna kuning, kemudian diangkat, ditiriskan dan didinginkan.

  • Pengemasan. Jagung goreng dikemas di dalam kantong plastik polislen tebal, kemudian di-seal dengan panas.
    Refensi : Maju bersama UKM http://binaukm.com

    Tidak ada komentar: